Catatan Harian Dwi Febriandaru

Gitar dan Sejarahnya


Gitar dan Sejarahnya
Guitar Classic
Gitar atau Guitar dalam bahasa inggris adalah salah satu alat musik yang cukup populer dewasa ini. Selain karena suaranya yang khas, juga karena sifatnya yang flexible dan dapat di pakai pada musik genre apapun dengan alunan cepat maupun lambat. Hampir semua band maupun musisi di dunia ini menggunakan gitar sebagai salah satu instrument alat musik mereka.

SEJARAH GITAR

Meskipun tidak begitu pasti kapan gitar mulai digunakan untuk mengiringi lagu, namun jika ditelisik dari nama Gitar atau Guitar dalam bahasa inggris pada mulanya diambil dari nama alat musik tradisional timur tengah sekitar tahun 1500 SM yang dikenal sebagai Citar atau Sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi gitar kuno yang dikenal sebagai Tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi. Pada tahun 476 M alat musik ini dibawa oleh bangsa Yunani menuju dataran Spanyol dan bertranformasi menjadi :

  • Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan
  • Guitarra Latina yang fungsinya untuk memainkan akor.
Tiga abad kemudian Bangsa Arab membawa semacam gitar gambus ke spanyol yang mereka sebut dengan Al UdBerdasarkan kontruksi Al Ud Arab dan kedua model gitar dari Romawiinilah kemudian Bangsa Spanyol membuat alat musik mereka sendiri yang disebut sebagai Vihuela. Sebagai hasilnya Vihuela ini semakin populer di Spanyol sementara alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan.

Gitar dan Sejarahnya
Vihuela
Gitar dan Sejarahnya
Al Ud
Nah, Vihuela inilah yang kemudian menjadi cikal bakal gitar klasik yang kita kenal pada saat ini. Seiring berkembangnya alat musik ini kemudian muncul pula berbagai model gitar seperti gitar listrik dan juga gitar accustic.
Share:

4 $type={blogger}:

  1. ternyata arab juga ikut andil dalam perkembangan gitar ya.. kereeeenn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget gan,..


      Terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  2. ane suka maen gitar nihh sejarahnya gini tho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,..gan..
      ane juga suka maen gitar..
      Btw thanks atas kunjungannya..

      Delete

Blog Traffic