Catatan Harian Dwi Febriandaru

Pengertian dan Pengenalan PHP untuk pemula

Assalamu'alaikum Wr.Wb


PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP  dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Untuk saat ini PHP dikelola oleh The PHP Group. situs resminya adalah http://www.php.net .

Mengapa disebut sebagai script server-side adalah karena bahasa pemrograman jenis ini hanya bekerja pada server. jadi dengan kata lain untuk menampilkan hasil dari kode - kode dalam program PHP ini kita memerlukan sebuah server untuk meletakkan file PHP yang kemudian diakses melalui web browser client. Hal ini sangat berbeda jauh dengan bahasa pemrograman lainnya seperti HTML maupun Javascript.

Pada awal mulanya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, Bahasa pemrograman ini dulunya hanya digunakan untuk membuat Website pribadi. Namun saat ini PHP sudah menjelma menjadi sebuah bahasa pemrograman yang powerfull dan banyak digunakan pada website seperti wordpress, joomla dan lainnya. PHP juga sudah menjadi standar pemrograman web di seluruh dunia.

Namun untuk saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Processor, sebuah kepanjangan rekrusif ,yaitu sebuah permainan kata dimana kepanjangan terdiri dari singkatan itu sendiri (PHP:Hypertext Processor)

Sama halnya dengan HTML, pada PHP kita juga mengenal istilah beginning tag dan ending tag yaitu tag yang berada diantara kode - kode PHP yang kita susun. Dalam PHP diawali dengan tag <?php dan di akhiri dengan tag ?> atau dengan kata lain berada diantara tag <?php...?>. Dan setiap string dalam php harus selalu di awali dengan symbol dollar ($).

Sepertinya cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini. Pembahasan tentang perintah - perintah (tag) dasar dalam PHP akan kita bahas pada postingan selanjutnya.
Mohon maaf apabila ada salah kata dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Share:

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Blog Traffic